BANJIR MELADNDA DESA SUNGAI RAYA


SUNGAI RAYA. Hujan deras yang mengguyur Desa Sungai Raya disertai dengan air pasang naik mengakibatkan banjir yang melanda Dusun Suka Damai Desa Sungai Raya hingga puluhan rumah warga setempat tergenang air yang menyebabkan puluhan rumah warga tidak bisa ditinggali sampai saat berita ini dirilis.

Banjir yang menggenangi rumah warga yang paling memperihatikan yakni berlokasi Dusun Suka Damai Jalan Penunjang sampai saat ini (17/01) mencapai hingga ketinggan air antara 15 - 80 cm (ketinggian air dalam rumah). Akibat banjir tersebut, warga mengalami kelainan kesehatan atau alergi pada kulit.

Akibat banjir tersebut ada sebanyak 99 jiwa yang terdampak banjir yang melanda Jalan Penunjang Desa Sungai Raya tersebut ini dimulai sejak tanggal 14 Desember 2023 yang berawal dari hujan deras sepanjang hari (14/12/2023) disertai air pasang naik imbuh RT setempat.

Kerugian materil akibat banjir menyebabkan 20 rumah tergenang banjir hingga harus mengusi ke beberapa tempat, bahkan sampai ke desa tetangga (Desa Pekan Kamis), namun warga setempat hanya mengungsi dimalam hari dan kembali dipagi hari untuk memantau kondisi rumah.

Sekretaris Camat Batang Tuaka, Kapolsek Batang Tuaka, Bhabinkantibmas, Danramil, bersama rombongan dan Ibu-ibu Bhayangkari juga turun lansung melihat kondisi banjir yang melanda Jalan Penunjang Dusun Suka Damai Desa Sungai Raya (17/01). Pada Kunjungan tersebut Kapolsek Batang Tuaka bersama rombongan memberikan bantuan berupa sembako kepada korban bencana alam tersebut.

Dalam sambutan Kapolsek Batang Tuaka oleh Bapak IPDA MUSRIWAN menyampaikan bahwa "bantuan yang kami berikan tidak seberapa nilainya, namun sekiranya dapat diterima dengan baik sebagai bentuk peduli kami kepada Bapak/Ibu sekalian". Dalam sambutannya tersebut juga disampaikan agar orang tua tidak luput dalam mengawasi anak mengingat kondisi air yang tinggi serta dekat dengan sungai yang tidak menutup kemungkinan predator air seperti Buaya, Ular berbisa dan jenis hewan berhaya lainnya.

Dalam sambutan Kepala Desa Sungai Raya oleh Ibu Kartini Wati, ST juga menyampaikan rasa perihatin atas apa yang menimpa warga di Jalan Penunjang tersebut. Upaya penanggulangan bencana Banjir juga terus diupayakan mengingat dana yang diperlukan untuk normalisasi Sungai Batang Tuaka juga sangat besar, hingga memerlukan perhatian husun dari atas, dengan adanya kunjungan Kapolsek beserta rombongan ke Desa kita ini dapat menjadi perhatian khusus dan ada penguat kita untuk mengajukan bantuan normalisasi sungai (tambahnya).

Pada kunjungan hari ini kita juga memberikan pelayan kesehatan gratis untuk warga yang terdampak bencana banjir tambah Bhabinkantibmas oleh Bapak Iptu L. Manulang. Pada kesempatan tersebut Bapak Danramil oleh Bapak Hepi Martison juga menambahkan agar dimalam hari tetap ada yang tinggal untuk menjaga rumah satu atau dua orang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

                                                                                                                        Mustafa
                                                                                                                        Operator Desa Sungai Raya

 
Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Profil Desa

Desa Sungai Raya berada di kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Indonesia. Desa Sungai Raya merupakan desa yang berdiri pada tahun .....

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Copyright © 2023 Desa Sungai Raya